Jenis - Jenis Ikan Channa Asli Indonesia

Saat ini banyak orang yang mulai menggemari ikan hias sebagai hobi baru. Banyak jenis ikan hias yang bias kita pelihara, dari harga yang murah sampai yang mahal. Akhir-akhir ini penghobi ikan mulai mulai melirik ikan-ikan predator sebagai ikan koleksinya, terlebih perawatan ikan predator tergolong sangat mudah. Salah satu ikan predator tersebut adalah Ikan Channa atau yang biasa kita kenal Ikan Gabus. Ikan Channa digemari karena eksotiknya motif dan warna kulit yang indah, sehingga orang-orang merubah presepsinya yang dulunya Ikan Channa/gabus adalah ikan konsumsi sekarang menjadi ikan hias dengan harga yang lumayan mahal. Indonesia sendiri memiliki beberapa jenis Ikan Channa yang tersebar hampir diseluruh pulau besar di Indonesia, antara lain Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Jawa. Menurut Ernawati Sinaga (2018) Di Indonesia terdapat 8 jenis Ikan marga Channa. Berikut adalah jenis-jenis ikan marga channa asli Indonesia.

1.       Channa Striata 

Channa Striata atau yang biasa kita kenal ikan gabus/ikan kutuk (jawa)/ikan haruan (Melayu)/bale salo (Bugis). Channa Striata pesebaran di Indonesia sangat luas, meliputi Sulawesi, Kalimantan, Jawa dan Maluku). Wilayah Sumatera banyak terdapat pada aliran Sungai Musi, Sungai Kelekar. Wilayah jawa banyak terdapat di Waduk Kedung ombo Jawa Tengah, Sungai Banjaran, dll. Channa Striata bisa tumbuh sampai panjang 90 cm. Channa Striata betina ditandai dengan bentuk kepala yang membulat, perutnya lembek dan membesar, warna tubuhnya terang dan mengeluarkan telur jika diurut. Channa Striata jantan ditandai dengan bentuk kepala lonjong, warna tubuh gelap, memiliki lubang kelamin berwarna merah dan mengeluarkan cairan putih jika diurut (Muslim, 2017).

2.      Channa Micropeltes

Channa Micropeltes atau biasa kita kenal dengan Ikan Toman. Jenis channa ini adalah jenis yang paling besar, hal ini karena panjang ikan dapat mencapai 1 meter dan bobot 20 Kg sehingga dikenal juga dengan nama giant snakehead. Pesebaran ikan ini berada di Sumatera bagian Tenggara, Kalimantan Barat, jawa dan Bangka Belitung.

3.      Channa Lucius

Channa Lucius atau biasa dikenal dengan nama daerah Ikan Bujuk/Ikan Kehung/gabus cina adalah ikan dengan panjang moncong, panjang rahang atas, panjang sirip pectoral dan panjang duri sirip dorsal terpanjang dari jenis ikan channa lainnya. Ikan ini banyak di temukan di daerah Sumatera (Riau dan jambi) akan tetapi pesebarannya hampir seluruh Indonesia.

4.     Channa Pleurophthalmus

Channa Pleurophthalmus adalah ikan asli Indonesia yang pesebarannya hanya di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Ikan ini memiliki corak yang indah dengan totol-totol berwarna merah dan kekuningan. Harga Channa Pleurophthalmus untuk para penghobi adalah salah satu ikan local dengan harga jual lumayan tinggi.

5.      Channa Maruliodes

Channa Maruliodes atau dalam dunia perchanaan dikenal dengan nama Channa Maru. Jenis Channa ini sangat banyak diminati oleh penghobi, hal ini karena corak dan warna dari tubuh ikan ini memiliki keindahan. Channa Maru hanya tersebar di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Jenis Channa Maru memiliki corak berbeda-beda pada setiap daerah, hal ini karena pengaruh dari ekosistem dan kadar pH air.  Seperti Channa Maru dari Kalimantan memiliki warna orange kemerahan dan corak bunga hitam yang tegas pada tubuhnya, hal ini karena kadar pH air di daerah Kalimantan sangat rendah

6.     Channa Gachua

Channa Gachua adalah jenis channa terkecil dari semua marga channa di Indonesia, karena hanya dapat tumbuh sampai panjang 20 cm. Ikan ini tersebar dari Indonesia sampai Pakistan. Channa jenis ini pada habitat aslinya hidup di sumber mata air jernih, persawahan dan hulu sungai yang memiliki kadar oksigen tinggi.

7.     Channa Bankanensis

Channa Bankanensis seperti namanya Bangka, jenis channa ini tidak hanya ditemukan di Pulau Bangka akan tetapi di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Ikan ini banyak ditemukan di aliran sungai kecil dengan vegetasi hutan yang berarus pelan dan memiliki air hitam ber pH 5-6. Channa Bankanensis jantan biasanya memiliki kepala lebih besar dan perut lebih ramping. Sedangkan Channa Bankanesis betina memiliki kepala bulat dan perut lebih besar.

8.     Channa Cyanospilos

Channa Cyanospilos merupakan ikan asli dari Sumatera (Sungai Musi), Kalimantan (Sungai Kapuas) dan Semenanjung Malaysia. Ikan ini memiliki corak yang indah pada bagian tubuhnya, karena memiliki bitnik biru pucat dari tutup insang sampai batang ekor.





Sumber :

Sinaga, Ernawati. 2018. Jenis-Jenis Ikan Marga Channa Di Indonesia. Jakarta: Univeristas Nasional


Comments

Popular posts from this blog

Berbagai Pendapat Pro dan Kontra Teori Evolusi