Taukah Kamu, Bahwa Perusahan Mobil di Seluruh Dunia Hanya di Kontrol Oleh 14 Perusahaan Mobil



Kalian tau bahwa industri otomotif adalah salah satu industry yang besar di seluruh dunia. Mobil adalah salah salah satu industri otomotif dengan perkembangan yang semakin pesat. Banyak perusahaan mobil di dunia yang berlomba-lomba menciptakan sebuah mobil dengan kualitas dan kecanggihan teknologi yang disematkan ke dalam mobil.


Di Indonesia sendiri banyak beredar mobil dengan merk yang berbeda-beda, akan tetapi tak sedikit yang memiliki desain mirip. Seperti mobil Toyota Avanza yang memiliki kemiripan dengan Daihatsu Xenia. Nissan Grand Livina 2020 yang memiliki kemiripan dengan Mitsubishi Xpander.

Perlu kalian ketahui, bahwa hampir seluruh perusahaan mobil di dunia kenyataannya di kontrol oleh 14 Perusahaan Mobil besar. Tidak semua sih, ada beberapa perusahaan mobil yang masih berdiri sendiri, seperti Tesla Motors, Subaru, Mazda dan terbaru adalah Ferrari yang tahun 2017 dilepas oleh Fiat-Chrysler. Berikut adalah 14 perusahaan mobil yang mengontrol hampir seluruh perusahaan mobil di seluruh dunia.

1.      GM (General Motors)


Genaral Motors Company (GM) adalah sebuah perusahaan mobil yang berasal dari Amerika. Kantor pusat dari GM berada di Detroit Michigan. GM melakukan usaha di lebih 140 Negara dengan lebih dari 180.000 orang melayani 6 benua di 23 zona waktu dan berbicara 70 bahasa. GM didirikan 16 September 1908 oleh William C. Durant, Charles Stewart Mott dan Frederix L. Smith. Selama 76 tahun (1931-2007), GM adalah perusahaan otomotif terbesar didunia. Pada tahun 2009 GM mengalami kebangkrutan dan pada tanggal 11 Agustus 2009 General Motors Company LLC membeli asset mayoritas milik General Motors Corporation, termasuk dengan merk General Motors. Saat ini GM mengontrol 9 perusahaan mobil, perusahaan tersebut adalah Chevrolet, Holden, Vauxhall, Opel, CSMC, Wuling Motors, BAOJUN, BIJICK dan Cadillac.

2.      BMW Group


BMW (Bayerische Motoren Werke) adalah sebuah perusahaan otomotif yang memproduksi mobil dan motor. BMW berdiri pada tanggal 7 Maret 1916 oleh Camillo Castiglioni, Franz Josef Popp dan Karl Rapp. Kantor pusat BMW berada di Munich Germany dan memiliki pabrik pembuatan di berbagai negara yaitu Jerman, Brazil, China, India, Afrika Selatan, Inggris, Amerika dan Meksiko.  BMW Group saat ini mengontrol 3 perusahaan otomotif besar yaitu BMW, Mini dan  Rolls-Royce.

3.      TATA


Tata Group adalah sebuah perusahaan besar yang bergerak hampir seluruh industry seperti otomotif, kimia, keuangan, retail dll. Kantor pusat Tata Group berada di Bombay House Mumbay Maharshtra India dan didirikan oleh Jamsetji Tata pada tahun 1868. Pada tahun 1945 Tata Group mendirikan sebuah perusahaan otomotif yang diberi nama Tata Motors. Tata motors adalah perusahaan otomotif yang membuat mobil, vans, truck, sport car dll. Saat ini Tata Motors mengontrol 3 perusahaan mobil premium, yaitu TATA, Jaguar dan Land Rover.

4.      Renault


Renault group adalah perusahaan mobil yang berdiri dari 25 Februari 1899 oleh Renault bersaudara. Renault group bermarkas di  Boulogne-Billancourt Prancis. Pada tahun 2017, Renault adalah produsen otomotif dengan produksi kendaraan terbesar ke 9 di dunia. Saat ini Renault Group mengontrol 3 perusahaan mobil, yaitu Renault, Dacia, AvtoVAZ dan Samsung.

5.      Toyota


Toyota Motor Corporation adalah perusahaan otomotif paling sukses diseluruh dunia, didirikan pada tahun 1937 oleh Kiichiro Toyoda dan saat ini bermarkas di Toyota City Jepang. TMC adalah sebuah perusahaan keiretsu, yang mengontrol 3 merk mobil keluarga yang paling laris di Indonesia, yaitu Toyota, Daihatsu dan Lexus sebagai mobil kelas premium.

6.      Ford


Ford Motor Company adalah perusahaan otomotif dari Amerika paling sukses, berdiri tanggal 16 Juni 1903 oleh Henry Ford. Mobil Ford identic dengan mobil Amerika, bahkan ada yang mengira mobil nasional. FMC saat ini berkantor pusat di Dearborn Michigan Amerika. Saat ini FMC mengontrol 2 merk besar mobil Amerika, yaitu Ford dan  The Lincoln yang memproduksi mobil Luxury.

7.      Daimler AG


Daimler AG adalah sebuah perusahaan otomotif yang bermarkas di Mercedesstrabe Stuttgart Jerman. Daimler AG berdiri karena adanya merger antara perusahaan Benz & Cie dengan Daimler Motoren Gesellschaft pada tahun 1926. Saat ini Daimler AG memproduksi mobil Mercedes-Benz dan Smart. Daimler saat ini tidak hanya memproduksi mobil, akan tetapi juga bus, tuck dll.

8.      FCA


FCA atau Fiat Chrysler Automobiles adalah perusahaan otomotif hasil dari mergernya 2 perusahaan otomotif yaitu Fiat dan Chrysler pada tahun 2014. Fiat yang dahulu membawahi merk Ferrari, ducati dan perusahaan otomotif Italy lainnya yang dimiliki Keluarga Agnelli. Chrysler adalah perusahaan otomotif dari Amerika dan salah satu tiga besar perusahaan manufaktur di Amerika. Setelah melakukan merger, maka terbentuklah FCA yang sekarang bermarkas di Amsterdam Belanda sebagai Kantor Pusat dan London Inggris sebagai Kantor Keuangan. Setelah terjadinya Merger antar dua perusahaan otomotif besar dunia ini, FCA melepas Ferrari. Saat ini FCA membawahi 8 perusahaan otomotif, yaitu Fiat, Chrysler, Maserati, Alfa Romeo LANCIA, RAM, Dodge dan Jeep.

9.      Nissan


Nissan Motor Company adalah perusahaan otomotif asal Jepang, berdiri pada tanggal 26 Desember 1933 dan saat ini berkantor pusat di Nishi-Ku Yokohama Jepang. Pada tahun 1999, terjadilah aliansi Nissan, Mtshubisi dan Renault. Aliansi tersebut menjadikan mereka produsen mobil ke empat terbesar di dunia. Pada tahun 2013, Nissan adalah produsen keenam terbesar didunia. Saat ini NMC menjual 3 merk, yaitu Nissan, Datsun dan Infiniti.

10.  Honda


Honda Motor Company adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi berbagai kendaraan, robot dan teknologi lainnya. HMC berkantor pusat di Minato Tokyo Jepang. Di Indonesia, Honda terkenal dengan produk otomotifnya seperti sepeda motor dan mobil. HMC saat ini memiliki 2 merk yang dikontrolnnya, yaitu Acura dan honda. Acura dibuat sebagai mobil premium dan Honda dibuat untuk kendaraan Niaga dan kendaraan penumpang.


11.  PSA


PSA atau biasa kita kenal Peugeot, sebuah perusahaan otomotif yang berasal dari Prancis. Berkantor pusat di Rueil-Malmaison Prancis dan memiliki 3 merk mobil yang dijual. Akan tetapi merk yang paling besar dan terkenal hanyalah Peugeot. Pada bulan Oktober 2019 terjadi merger antara PSA dengan FCA masing-masing 50%, akan tetapi sampai saat ini masih terpending. Merk yang di naungi oleh perusahaan PSA adalah Citroen, Peugeot dan DS Automobils.

12.  Hyundai


Siapa sangka merk mobil asal Korea Selatan adalah sebuah perusahaan besar di dunia otomotif. Perlu kalian tahu, bahwa Hyundai Motor Company memiliki  fasilitas produksi mobil terbesar di dunia yang dapat menampung 1,6 juta unit mobil. Hyundai didirikan oleh Chung Ju-yung pada tanggal 29 Desember 1967. Saat ini Hyundai berkantor pusat di Seoul Korea Selatan. Hyundai memproduksi mobil komersial hingga mobil mewah. Sampai saat ini Hyundai memiliki kurang lebih 75 ribu pagawai di seluruh dunia dan 5 ribu showrooms. HMC saat ini menguasai otomotif Korea Selatan dengan memiliki 2 merk mobil KIA dan Hyundai.

13.  Geely


Geely atau bisa dikenal Zhejiang Geely Holding Group, ya produsen otomotif asal negeri tirai bambu atau Tiongkok. Geely berdiri pada tanggal 6 November 1986 oleh Li Shufu. Geely memiliki kisah buruk dengan Indonesia, mobil produksi Geely yang harganya murah tetapi kualitasnya tidak disukai oleh orang-orang Indonesia. Berkontor pusat di Binjiang Hanfzhou Zhejiang China. Pada tahun 2010, Volvo perusahaan otomotif asal Swedia resmi di akusisi oleh Geely untuk memproduksi Mobil luxury. Sebelumnya pada tahun 2009, Geely membeli saham Manganese Broze Holding. Pada tahun 2013,Geely menyelamatkan LEVC dan pada tahun 2015, Geely membangun pabrik baru untuk LEVC (London Electirc Vehicle Company). Pada tahun 2017, Geely juga resmi membeli beberapa saham dari perusahaan otomotif Malaysia yaitu Proton. Saat ini Geely mengontrol beberapa perusahaan otomotif, antara lain Geely, Volvo, LEVC dan Proton.

14.  VW (Volkswagen)


VW yang kita kenal dengan mobil kodok dan Combinya ini adalah salah satu perusahaan besar setelah Toyota Motor Corporation dan General Motors. VW Group adalah perusahaan otomotif yang memproduksi motor sport dan mobil berbagai kelas. VW adalah perusahaan otomotif dari Jerman yang berdiri pada tanggal 28 Mei 1937 oleh German Labour Front yang berada dibawah Adolf Hilter. Saat ini VW berkantor pusat di Wolfsburg Jerman dengan tenaga kerja kurang lebih sebanyak 500 ribu orang. Perusahaan yang tergabung dalam VW Group adalah Audi, SEAT, SKODA, Bugati, Bently, Porsce, Volkswagen, Lamborghini dan untuk motor ada merk Ducati. Di Indonesia, mobil yang berada dibawah VW Group adalah mobil-mobil mewah.

 Tidak semua mobil di dunia di kontrol oleh perusahaan otomotif besar, seperti ESEMKA :)

sumber : Bussines Insider dan wesbite official dari perusahaan merk mobil tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Berbagai Pendapat Pro dan Kontra Teori Evolusi

Jenis - Jenis Ikan Channa Asli Indonesia